free counters

Jumat, 18 Maret 2011

china town


sewaktu jalan melawati jalan di china town, saya melihat wihara yang menjulang keatas. dari kejauhan kelihatan besarnya wihara ini. jadi, bangunan ini berukuran monumental.

pengaruh yang terjadi sebenearnya terlihat pada bangunan rumah toko (ruko) yang bergaya china. yang ditutupi oleh besi pagar untuk menhindar dari maling. kondisi yang memang sudah lama ini membuat betapa lamanya china town yang ada di medan.

karena memang yang mayoritas bangunan ini ditinggali oleh keturunan tionghoa yang membutuhkan rumah ibadah yang dibutuhkan oleh masyarakat tionghoa yang bertempat di china town.

bangunan lama di china town


bangunan baru di china town

mungkin menurut saya, bangunan baru ini di tujukan atas perkembangan jaman yang terjadi di zaman sekarang ini. tapi tetap bangunan ini merupakan bagian dari china town di medan. karena juga bangunan tua yang sewaktu-waktu bisa saja rubuh. jadi, para pemilik rumah memilih menhancurkan dan membangun baru bangunan di lokasi itu.

ini memang miris sekali. kita yang mencintai bangunan tua, merasa bahwa perilaku pemilik sangat disayangkan. tapi mungkin dari sisi konstruksi, bangunan sekarang mempunyai struktur yang kuat. mungkin ini yang dipilih oleh pemilik bangunan ditimbang meronafasi rumah yang perbedaannya biayanya sedikit.

sikian. terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar